Menjadi Pemenang di Ramadan

Menjadi Pemenang Ramadan
(Foto ini diakses di wow.tribuntimur.com)
Assalamualaikum, halo sobat, alhamdulillah bisa bertemu lagi di tulisan saya berikutnya. Agak lama baru bisa menulis lagi karena banyaknya jadwal yang menyita waktu dan menguras tenaga hehe, semoga berkah, Aamiin. Apalagi bulan suci ramadan akan segera tiba, tentu, harus menyelesaikan segala keperluaan duniawi untuk lebih fokus beribadah di bulan penuh khitmat tersebut. Nah untuk itu kali, ini saya akan membagikan beberapa tips agar bisa Menjadi Pemenang Di Bulan Ramadhan, yuk silahkan dibaca.

Seperti lagunya mba Krisdayanti yang popular “menghitung hari..” begitulah yang kita alami saat ini dalam menyambut bulan ramadan. Bulan Ramadan sudah sangat dekat yah sobat!, kalau dipikir kembali, baru terasa kemarin kita semua berpuasa menikmati suasa islami di bulan tersebut. Indahnya saling berkompetesi meningkatkan keimanan, memperebutkan gelar sebagai insan yang taat dan mengalahkan hawa nafsu duniawi kita. Nuansa sekelilingpun terasa islami, membuat hati sebagian umat muslim merasa rindu bertemu dengan bulan yang penuh tantangan ini. Tak sedikit yang tidak mampu melaluinya dengan penuh kekesyuaan, tetapi banyak juga yang berhasil menjadi sang pemenang.

Saya juga masih perlu banyak belajar yah sobat, akantetapi tidak ada salahnya (untuk motivasi saya juga ) saya berbagi tips untuk mempersiapkan diri kita dalam menyambut bulan ramadan, apa sajakah itu, sebagai berikut :

1. Keutamaan Bulan Ramadan Sebelum kita mengetahui amalan apa saja yang harus dikerjakan dalam menyambut ramadan, hal yang penting kita pahami dan ingat terlebih dahulu adalah apa pentingnya bulan ramadan bagi kehidupan kita. Keutamaan yang paling indah adalah karena bulan ini bulan diturunkannya Al-Quran yang menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaannya. Jadi kita harus tahu ilmunya dulu tentang keutamaannya. Allah Swt berfirman yang artinya : Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” QS. (Al Baqarah : 185). (sumber rujukan di https://muslim.or.id/17588-keutamaan-mengkhatamkan-al-quran-di-bulan-ramadhan.html).

2. Bekal Ilmu dan Amal Nah, tips yang kedua adalah kita harus mempersiapkan ilmu tentang amalan apa saja yang menjadi keistimewaan di bulan ramadan. Karena kita sudah tau bahwa bulan ini sangat penting dan bersejarah dalam dunia islam maka sebagai finalis yang ingin menang, tentu kita harus punya ilmu yang akan diamalkan untuk menyambutnya. Lalu, apa saja amalan-amalan yang ada di bulan ramadan, berikut saya paparkan :

a. Qiyam ramadan atau shalat di bulan Ramadan, nah taukah kalian sobat bahwa nilai pahala jika kita shalat di ramadan melebihi sholat dihari-hari yang lain. Misalnya shalat tarwih.

b.Membaca Alquran
Syaikh Al-‘Utsaimin rahimahullah berkata, “Mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan bagi orang yang berpuasa bukanlah perkara yang wajib. Akan tetapi sebaiknya seseorang memperbanyak membaca Al-Quran di bulan Ramadhan” (Majmu’ Fatawa wa Rasail 20/516) (sumber rujukan di https://muslim.or.id/17588-keutamaan-mengkhatamkan-al-quran-di-bulan-ramadhan.html).

c. Bersedekah
Keutamaan lain dari bulan ramadan adalah dengan memperbanyak bersedekah karena jika kita bersedekah maka Allah Swt akan melipat gandakan pahala kita, dibandingkan sedekah di hari-hari yang lain. Selain itu kita akan mendapatkan naungan di hari akhir, akan memberi keberkahan pada harta (bertambah), dan terdapat pintu surga yang hanya dapat dimasuki oleh orang yang bersedekah seta dapat terhindar api neraka.

d. Banyak berdoa
Perbanyaklah doa sobat, tak lupa diiringi dengan zikir dan beristigfar kepada Allah Swt

Jika orang yang ingin menikah saja membutuhkan persiapan yang lengkap dalam proses pelaksanaannya (pestanya), apa tah lagi pada bulan ramadan. Kalau kita ingin menjadi pemenang di bulan ramadan maka kita harus mampu melatih diri sebelum memasukinya dengan mengerjakan amalan-amalan yang menjadi keutamaannya dibulan-bulan sebelumnya. Kenapa!? Karena saat tiba bulan ramadan, kita sudah terbiasa mengerjakan beribadah dan besar kemungkinan kita bisa meningkatkan ibadah kita lagi meningkat seiring keimaman kita bertambah dan menjadikan kita sang pemenang.

Demikianlah tulisan saya kali ini, semoga bermaanfaat yah sobat. Kalian juga bisa membaca tulisan-tulisan saya yang lain misalnya aksi damai di 212 dengan judul “https://www.dwisurtijunida.com/2016/11/Aksi-Damai-Jilid-2.html” dapat kalian lihat disini. Jangan lupa dishare jika bermanfaat dan beri komentar jika ada yang ingin ditanyakan, terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat. Selamat bertemu ditulisan-tulisan saya berikutnya.
Salam_Dwi

Berikut artikel tentang tips dan kiat-kita untuk mempersiapkan diri menyambut bulan ramadan