Ruang Lingkup Metode Penelitian Kualitatif

Assalamualaikum, Hai teman2 semua, kali ini saya akan memaparkan salah satu materi yang saya ajarkan di kelas tentang metode penelitian. Hmm, bicara soal metode penelitian, terdengar sulit yahh teman2. Tapi kali ini saya akan berbagi sedikit tentang pemahaman yang saya ketahui. Yukk kita bahas sama-sama. 
Nah, terdapat kesalahan pemahaman di dalam masyarakat bahwa yang dinamakan sebuah kegiatan penelitian adalah kegiatan yang hanya bercorak survei, menggunakan sebuah daftar pertanyaan dan yang datanya dianalisis dengan menggunakan teknik statistik. Pemahaman ini berkembang karena kuatnya pengaruh aliran positivistik dan metode penelitian kuantitatif. Padahal, terdapat kelompok metode penelitian dalam ilmu sosial yah yakni metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif. Diantara kedua metode ini sering timbul perdebatan di seputar masalah metodologi penelitian. Masing-masing aliran berusaha mempertahankan kekuatan metodenya. Salah satu argumen yang dikedepankan oleh metode penelitian kualitatif adalah keunikan manusia atau gejala sosial yang tidak dapat dianalisis dengan metode yang dipinjam dari ilmu eksakta. Metode penelitian kualitatif menekankan pada metode penelitian observasi di lapangan dan datanya dianalisis dengan cara non-statistik meskipun tidak selalu harus menabukan penggunaan angka.

Penelitian kualitatif lebih menekankan pada penggunaan diri si peneliti sebagai alat pengumpul data. Peneliti harus mampu mengungkap gejala sosial di lapangan dengan mengerahkan segenap fungsi inderawinya. Dengan demikian, peneliti harus dapat diterima oleh responden dan lingkungannya agar mampu mengungkap data yang tersembunyi melalui bahasa tutur, bahasa tubuh, perilaku maupun ungkapan-ungkapan yang berkembang dalam dunia dan lingkungan responden. Penelitian kualitatif berbeda dengan penelitian lain. Perbedaan ini dapat dilihat dari beberapa ciri penelitian kualitatif, yang antara lain berkaitan dengan (1) latar alamiah, (2) peneliti sebagai alat penelitian, (3) bersifat deskriptif, (4) mementingkan proses daripada hasil, (5) pencarian makna, (6) data langsung, (7) triangulasi, (8) rincian kontekstual, (9) peneliti dan subyek penelitian setara, (10) perspektif emik, (11) verifikasi, (12) sampel purposif, (13) audit trial, (14) analisis sejak awal, dan (15) teori dasar. Dalam kegiatan penelitian, betapapun sederhananya selalu menjumpai berbagai hambatan. Hambatan-hambatan tersebut meliputi hambatan internal dan hambatan eksternal. Hambatan internal merupakan hambatan kegiatan penelitian yang datangnya dari pihak peneliti sendiri. Sedangkan hambatan eksternal merupakan hambatan yang datangnya dari pihak luar, yang berada di luar kemampuan peneliti untuk mengatasinya secara langsung. Di dalam melakukan penelitian, peneliti harus melakukan penghargaan terhadap kode etik penelitian. Adapun butir-butirnya antara lain meliputi (1) keaslian permasalahan penelitian, (2) kutipan pendapat orang lain, (3) pengumpulan data, dan (4) kerahasiaan hasil penelitian.

Dalam penelitian kualitatif, terdapat tehnik pengumpulan data seperti observasi pastisipatif. Observasi partisipatif adalah upaya yang dilakukan peneliti dengan terlibat langsung dalam kehidupan yang menjadi objek penelitiannya. Tehnik ini berfungsi sebagai cara pengumpulan data yang dianggap dapat mampu mengungkap gejala social di lapangan dengan menggerakan segenap fungsi indrawinya dan diterima oleh lingkungannya agar dapat mengungkap data yang tersembunyi melalui bahasa tubuh, perilaku maupun ungkapan berkembang dalam kehidupan kajiannya. Selain tehnik, etika dalam penelitian juga sangat penting dilakukan oleh seorang peneliti ilmiah, apa saja etika tersebut, saya akan tuliskan beberapa etika penelit kualitattif, sebagai berikut : 1. Ketika berada di tempat yg akan diteliti ijin kepada masyarakat setempat dan mengutarakan maksud dan tujuan akan diadakannya penelitian 2. Menghormati subjek penelitian 3. Menyimpan rahasia yang berkaitan dengan informasi subjek penelitian 4. Semua data baik cerita,peristiwa,dll hendaknya ditulus secara jujur sesuai dengan fakta yg ada 5. Merumuskan penelitian berdasarkan hasil temuannya sendiri 6. Apabila peneliti mengutip pendapat orang lain harus menyertakan sumber 7. Diperbolehkan menggunakan data milik orang lain sebagai pelengkap tetapi dilarang mengklaim data tersebut menjadi miliknya 8. Penelitian bersifat rahasia dan tidak,peneliti wajib tau sifat penelitian tersebut jika rahasia maka peneliti wajib menjaga kerahasiaan penelitian tersebut.

Demikianlah tulisan saya kali ini, kalian dapat melihat tulisan-tulisan saya yang lain seperti salah satu tehnik dalam penelitian kualitatif dengan judul Observasi Partisipasi yang dapat kalian lihat disini .
Sampai disini dulu yah teman2, terima kasih
Salam_Dwi

Berikut artikel tentang ruang lingkup metode penelitian kualitatif, penjelasan singkat tentang metode penelitian kualitatif